Monday, February 5, 2007

Doa

Kata orang, sekarang jaman sudah sangat maju, berbagai teknologi canggih menjadi pendamping yang mempermudah hidup manusia. Segala hal bisa diprediksi, solusi masalah bisa dicari. Tapi semua itu tidak cukup untuk menghentikan manusia berdoa. Paling tidak bagi saya.

Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina. (QS. al-Mu'min, 40:60)
Doa itu adalah otaknya ibadah. (HR. Ibnu Hibban dan Tirmidzi)

Saat berdoa, saya minta pada Allah SWT ini itu. Tapi kadang malu, apa pantas saya berdoa meminta Allah memenuhi keinginan saya? Jangan-jangan saya hanya ingat berdoa pada saat saya punya keinginan.

Kalau terpikir semua itu, rasanya ingin diam saja. Tidak mau meminta apa-apa. Tapi tetap saja saya tidak bisa berhenti berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Mungkin, tanpa saya sadari, bagi saya berdoa sudah jadi kebutuhan batin yang bisa menenangkan hati karena sudah meminta pada yang Maha Kuasa. Meminta pada-Nya yang terbaik bagi diri saya karena memang Dia-lah yang Maha Tahu apa-apa yang terbaik bagi makhluknya.

Berikut ini saya kutip dari Syariah Online mengenai adab berdoa.
  • Hendaknya makanan, tempat tinggal, pakaian, serta barang yang dimilikinya adalah halal.
  • Memanfaatkan waktu-waktu yang mulia: seperti hari Arafah, Ramadan, hari Jumat, dan waktu sahur.
  • Memanfaatkan kondisi-kondisi istimewa seperti saat salat, saat hujan dsb.
  • Menghadap kiblat dan mengangkat tangan.
  • Setelah selesai berdoa, mengusap wajah dengan kedua tangan.
  • Merendahkan suara: tidak keras dan tidak terlalu pelan.
  • Khusyu dan penuh penghayatan.
  • Berdoa dengan sepenuh hati dengan yakin bahwa doa tersebut akan dikabul.
  • Tidak tergesa-gesa dengan merasa doanya lambat dikabul.
  • Memulai doa dengan zikir kepada Allah dan salawat kepada Rasul saw. setelah didahului oleh pujian kepada-Nya. Demikian pula saat menutup doa.
  • Memerhatikan adab batin. Yaitu bertobat, taqarrub kepada-Nya, dan tidak menzalimi manusia.

1 comments:

Anonymous said...

makasih udah ngingetin ya Din..

satu lagi, selalu berprasangka baik aj akali ya. bhw klo doa kita terkesan ga dikabulkan tuh, bisa jadi bukan krn Allah ga sayang. tapi mungkin krn kita ga tau, bhw yg kita minta itu sebenernya ga baik buat kita :)