Tuesday, February 6, 2007

Pengalaman 'Asyik' Pulang lewat Batam

Photobucket - Video and Image HostingSeminggu kemarin tiba-tiba saja saya dan suami berkesempatan pulang ke Bandung. Ya, memang bukan sengaja pulang untuk liburan, asli pulang tiba-tiba tanpa rencana jauh-jauh hari. Kebetulan suami ada keperluan di Jakarta selama dua hari, jadi saya ikut saja pulang. Lumayan, walau cuma seminggu (minus dua hari) tapi bisa mengurangi rasa rindu pada keluarga dan kampung halaman tercinta... Bandung... (halah!).

Alhamdulillah kami dapat tiket lumayan murah: Garuda Citilink Batam-Bandung, 700rb pp. Ternyata asik banget pulang lewat batam. Berhubung di Batam ada adik saya, jadi bisa nginap dulu kalau tidak mau buru-buru. Lalu begitu turun pesawat langsung sampai di Bandung. Biasanya kan ke Cengkareng, masih harus mikir untuk pulang ke Bandung plus melewati macetnya Jakarta. Tapi yaa, resiko penerbangan domestik, ada delay doongg! Waktu terbang Batam-Bandung, gak ada delay yang berarti, cuman 30 menitan lah, masih wajar. Tapi waktu penerbanga Bandung-Batam... eng ing eng.... 5 jam, oy! Harusnya jadwal terbang jam 15.00, kami baru berangkat jam 20.10. Dalam 5 jam itu kami sampai tiga kali bolak-balik ke bandara. Untungnya di Bandung, jadi kami bisa pulang dulu dan gak terkatung-katung di bandara selama 5 jam. Walaupun delay 5 jam tapi masih ada hikmahnya. Kalau saja waktu itu kami memutuskan pulang lewat Jakarta... kayaknya belum bisa balik ke Singapura nih. Jakarta kan banjir. Jalan ke Cengkareng juga kabarnya banjir.
Aah... semoga bajir di Jakarta cepat berlalu. Kehidupan kembali normal. Semoga masyarakat yang terkena banjir tetap tabah dan sabar. Amiiin.

Ternyata banjir Jakarta juga punya andil dalam menyebabkan keterlambatan pesawat sampai 5 jam. Kata petugas check-in, sistem internet mereka lumpuh, semua jadi kacau. Plus juga cuaca yang buruk di Surabaya (karena pesawat Bandung-Batam sebelumnya terbang Surabaya-Bandung). Yang paling parah, setelah semua penumpang boarding pramugaranya bilang begini: "Mohon maaf atas keterlambatan penerbangan, karena ada masalah teknis pada pesawat ini." Ya, ampun, kok ya bilang-bilang segala, coba?! Kan jadi tegang! Mana pas mau landing kita gak dengar suara roda pesawat turun. Suami saya aja panik, "Yang, kok ga ada bunyi landing gear turun sih?" gitu katanya.
Saya bingung... antara ingin ketawa atau ikutan tegang....
Dan dia mengakui, untuk pertama kalinya dia merasa tegang naik pesawat terbang.

Tapi alhamdulillah, semua lancar, saya dan suami juga selamat sampai di Singapura lagi. Dan walaupun dengan segala pengalaman 'mengasyikan', sepertinya kami gak kapok mudik ke Bandung lewat Batam. Asalkan penerbangannya langsung Batam-Bandung.

P.S: Ternyata petugas-petugas bandara di Bandung ramah-ramah lho! Jauh lebih ramah daripada petugas di Cengkareng. (emangnya petugas cengkareng ramah, gitu?)

6 comments:

Anonymous said...

wah diniii.. asik skali bisa mudik, emang yg tidak terenca lebih sering jadinya, hee. Gw gak tau niy jadi ke jkt gak yah, melihat sikon banjir bgituuu..:-((

Innuendo said...

pesawat murah meriah memang selalu delay. tapi gpplah, drpd repot lewat jkt. pake banjir lage.

din, kayaknya aku punya andil deh prince sakit. karena dia selalu aku kurung di kamarku dari pagi sampe sore..abisnya dia gak mau keluar, mau maen di lemariku. pintu kamar khan harus aku tutup. sejak itu dia malas makan, minum. aduh, nyesal. besok dibawak ke vet. kemaren dia muntah kuning. busa doank

Anonymous said...

Beli tiket Citilink-nya dimana? Di Batam, atau bisa di Singapura?

Lia said...

asik kan pulang lewat batam,apalagi sekarang ada juga yg langsung batam - malang din, jadi gak usah ke surabaya airport, ayiiik deh lain kali kalau mudik akan selalu lewat batam karena bandara malang cuma domestik doang lagipula airport dimalang denget banget deh sama rumah ortu asyiiik kan.

Dini said...

@elda
Kalo gak ada yang perlu2 amat mendingan gak usah ke jkt dulu mba. Ntar malah terjebak di cengkareng... ga bisa kemana-mana.

@dian
duh, cepet sembuh deh si prince

@IndraPr
Pake e-ticket mas, dibeliin ibu di bandung, trus kami dikirim email konfimrasi. Emailnya diprint untuk ditukarkan dengan e-ticket di counter garuda. Kalo dari Singapura, belum pernah tahu sih gimananya...

Anonymous said...

informasi terbaru perjalanan ke singapura lewat batam dapat dilihat di sini juga http://b0wo.blogspot.com/2007/06/go-to-singapore-for-dummy.html semoga bermanfaat