Wednesday, August 8, 2007

Thank God for every day

Setiap hari memang mempunyai kesan masing-masing bagi setiap orang.

Ada hari senin yang bagi sebagian orang identik dengan ’I don’t like Monday’, atau hari Jumat yang identik dengan ’Thank God it’s Friday (TGIF)’, atau hari Sabtu/Minggu yang berarti wiken yang dinanti-nanti.

Saya juga punya kesan tersendiri terhadap hari. Dulu, waktu masih sekolah pakai seragam, saya selalu menunggu-nunggu hari Senin. Entah kenapa, tapi saya senang sekali pergi ke sekolah. Saya bias bertemu teman-teman lagi, bermain lagi, jajan makanan sekolah lagi. Pokoknya senang pergi ke sekolah.
Biasanya setelah ujian caturwulan/semester menjelang pembagian rapor kan sudah tidak ada pelajaran lagi. Kadang-kadang diisi dengan PORAK (Pekan Olahraga Antar Kelas). Saat PORAK ini, banyak orang yang tidak datang ke sekolah. Atau kalau datang pun biasanya siang-siang. Sedangkan saya, tetap datang pagi dengan semangat empat lima mau bertemu teman-teman. Tapi begitu sampai di sekolah mendapati keadaan sepi… ya dongkol deh.
Waktu kuliah, hari Senin kurang lebih juga masih punya arti yang sama bagi saya, dengan alasan yang sedikit berbeda. Kalau dulu saya senang datang ke sekolah untuk bertemu teman-teman, saat kuliah saya senang datang ke kampus untuk bertemu teman ^_^…
Hari-hari lainnya ya sama juga… Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu… tidak ada hari yang terlalu spesial bagi saya. Wiken pun saya anggap biasa saja, hanya bedanya pada hari Minggu saya bisa main dengan teman-teman diluar sekolah.

Doooh, kok maen mulu kerjaan gw dulu ya… ?!


Selama itu saya tidak pernah tahu apa rasanya ’I don’t like Monday’, atau TGIF, atau menghargai arti sebuah wiken.

Sampai akhirnya….

Studi di Seoul.
Suasana yang benar-benar berbeda. Teman tidak sebanyak dulu, jauh dari keluarga, belajar lebih independen, dikejar-kejar deadline ini itu…. Mungkin saat itu hidup saya udah kayak robot. Datang jam 9 pagi, kerja di depan komputer, makan siang jam 12, kerja lagi, makan malam jam 6, kerja lagi, pulang jam 11 malam. Hari-hari berlalu bagai kaset yang di fast forward. Pada saat itulah saya mengerti arti ’I don’t like Monday’ dan Thank God It’s Friday’. Pada saat itu pulalah saya benar-benar menghargai arti sebuah wiken, dan menggerutu setiap ia berakhir.

Meski begitu, ada untungnya juga sih. Masa studi yang dua tahun saya lalui tanpa terasa lama. Rasanya baru mulai kuliah kemarin, tahu-tahu besok sudah ikut wisuda. Hanya sedikit menyesal tidak sempat banyak jalan-jalan jauh menikmati negeri ginseng itu. Suatu hari saya akan kesana lagi… insya Allah.

Lain dulu lain sekarang.

Dulu saya harus melalui masa dua tahun studi dengan pekerjaan dan rutinitas yang nyaris membuat saya jadi kayak robot. Hanya dua tahun, lalu semuanya selesai. Tapi sekarang… beda. Ini dunia nyata, dunia pekerjaan, yang entah kapan selesainya….malah mungkin tidak akan pernah selesai.

Membayangkan diri terjebak dalam jam rutinitas yang entah kapan berakhirnya ternyata menyeramkan. Hari lagi-lagi berlalu bagai kaset yang di fast forward. Celakanya lagi, sang wiken pun ikut-ikutan berjalan dengan kecepatan yang sama.

Hhh… dijalani saja… syukuri semuanya. Jangan banyak komplain. Alhamdulillaaah….

Mungkin saya harus menciptakan bagi diri saya sendiri, bukan hanya Thank God It’s Friday, tapi juga untuk hari-hari lainnya. Jadi ada Thank God It’s Monday (instead of I don’t like Monday), Thank God It’s Tuesday, Wednesday, Thursday,..etc

3 comments:

Irma said...

just enjoy your day Din... apalagi skrg di Bandung, mau makan apa tinggal beli, hehe teu nyambung pisan :)
*yanglagipengenbatagor*

Btw, makasih doa nya :) semoga menular ke Bandung...

Eno said...

Gimana kabarnya Din? Sibuk apa skrg? Kl ama Eno....Senin ampe Minggu mah sama aja....maklum mak2 rutinitas kaga beda...

Anonymous said...

Hmm...yang paling enak tuh emang "thanx God it's Holiday!" jadi mudik deh,hehehehe (masih aroma homesick, halah. Btw, 2,5 bulan mudik gak kesampean euiy ke Bandung...sempet dah rencana tiba2 malemnya Shab demam tinggi :(