Sunday, March 16, 2008

New Allergy!


I think i have new allergy!

Kemarin, mata saya bengkak sebengkak-bengkaknya. Entah apa penyebabnya. Dugaan kuat adalah karena alergi, tapi alergi apa saya tidak tahu pasti.

Gejalanya pertama-tama gatal disekitar mata. Bukan di matanya, tapi hanya di sekitar mata. Matanya sendiri baik-baik saja, gatal tidak merah pun tidak. Lalu mulai muncul bentol-bentolk di kelopak mata bagian atas, seperti habis digigit nyamuk. Saya tahu mata saya agak sensitif, bahkan dengan debu sekalipun. Jadi saya selalu membawa-bawa obat tetes mata. Nah, kemarin meskipun mata tidak gatal saya tetap meneteskan obat tetes mata. Ternyata, itu adalah langkah yang salah! Reaksi instan terjadi pada kelopak mata saya.. plup.. plup.. plup... bentolnya tambah banyak, dan sambung menyambung menjadi satu membentuk suatu bengkak yang amat bengkak di mata saya...

...sigh...

Track back bebagai kemungkinan penyebabnya selama satu jam kebelakang:

  1. Makan soto sulung, ada babatnya. Babat memang sangat jarang saya makan, tapi bukannya tidak pernah. Dan selama ini tidak ada masalah dengan babat. Mungkin ada bumbu tertentu yang membuat saya alergi..? Entahlah.. tapi saya rasa bukan ini penyebabnya.
  2. Karena sakit kepala saya tidak hilang sejak pagi, saya minum obat migran. Sebelumnya, jam 9.30 saya sudah minum obat sakit kepala yang biasa saya minum. Tapi mungkin kurang mempan. Jam 3, saya minum lagi obat lain, ya si obat migran itu. Nah, ini baru pertama kalinya saya minum obat migran tersebut. Sangat mungkin inilah penyebab alergi saya. Sakit kepala hilang, tapi mata jadi bengkak.
  3. Jam 3.30 saya ke toilet umum. Saya lupa cuci tangan setelah dari toilet... (hehe). Sangat mungkin ada kuman tertinggal di tangan saya kemudian tangan saya main-main ke mata saya. Hal ini juga bisa jadi penyebab bukan?

Akhirnya dugaan kuat penyebab alergi adalah obat sakit kepala migran. Kalau dugaan ini mau dibuktikan, saya bisa saja makan lagi obat migran itu saat saya pusing lagi nanti. But, i'm not willing to take the risk. It was horrible enough to have my eyes swollen until they almost half-shut. And it lasts for over 2 days before it's completely gone.

Saya kira saya bebas alergi. Ternyata tidak. Sampai saat ini sudah dua hal yang saya tandai bisa menyebabkan timbulnya reaksi alergi pada tubuh saya. Pertama, (mungkin) kaldu ayam cair kardusan. Reaksi yang timbul dulu adalah gatal-gatal seluruh badan. Saya belum pernah mengkonfirmasi dugaan ini lagi. Tapi cukup sekali dan saya tidak mau lagi memakan kaldu ayam cair yang kardusan itu. Kedua, (mungkin) obat migran.

Tapi kejadian ini ada efek begusnya juga. Saya jadi rajin cuci tangan pakai sabun bersih-bersih.

Oya, ternyata tidur memperlambat proses kempisnya bengkak di mata saya. Jadi kalau suatu saat Anda mengalami hal yang sama seperti saya ini (mudah-mudahan jangan sampe deh) jangan dibawa tidur. Buat mata Anda sibuk. Baca kek, nonton tivi kek, pokoknya gak tidur. Memang sangat menyiksa sih, lha wong mau buka mata aja susah banget. Tapi sepertinya itu justru memperlancar aliran darah disekitar mata dan mempercepat proses penyembuhan... (sok tau banget yaa... tapi terbukti pada saya kok!)


P.S: itu foto mata setelah lewat 1 hari. Sebelumnya jauh lebih parah daripada itu. Mata saya hampir tertutup saking bengkaknya.

5 comments:

Anonymous said...

brobat kedokter ngga?
obatnya apa aja?

Dini said...

@anonymous
nggak, saya gak ke dokter, hanya minum ctm satu kali waktu baru kena alerginya. setelah itu tidak pakai obat apa2 lagi.

ibu aci said...

neng,lama gak ngeblog mampir sini koq malah liat mata bengkak gituh !!
cepet sembuh deh ya neng.... jadi sekarang cuci tangan anytime dong !!hehe....

Unknown said...

Haloooo...salam kenal... aku jg lg nyari informasi ttg mata bengkak ini. krn aku jgsering bgt ngalaminnya klo minum obat flu n obat sakit kepala. dulu kadang2 aja berpengaruh n menyebabkan mataku bengkak tp skrg ga ada kadang2 lg, tiap x minum obat pasti kena. parahnya lg wkt skt perut krn haid aku minum obat penahan skt,sejam kemudian muka jd ga karuan krn mata bengkak... jd bingung penyebabnya apa ya... alergi ato ada penyakit lain???

Anonymous said...

@ibu aci
alhamdulillah cuman 2 hari aja bengkaknya mba... iya nih jadi rajin cuci tangan, mana lagi heboh HFM desease pula...

@Nini
wah, saya bukan dokter, jadi gak ngerti juga kenapa tuh kalo gejalanya gitu. Tapi mungkin sih alergi sama suatu kandungan obat.
But, jangan percaya gw laah, bukan dokter... hehehe.. kalo penasaran lebih baik tanya ahlinya... ke dokter.. :)
Semoga gak kambuh lagi deh alerginya.. :)