Thursday, August 4, 2005

Cerita tempat sampah

Pindah ke rumah baru dan memulai semua dari nol artinya banyak beli barang-barang perabotan baru. Salah satunya tempat sampah dapur.
Sampah dapur, paling variatif. Ada bungkus makanan, ada sisa makanan, ada kulit makanan, ada makanan basi, ada yang rasanya manis, asem, asin, pahit, bau, berminyak, berkuah, ber... ah, macem-macem deh pokoknya. Gaya orang buang sampah juga beda-beda. Ada yang rapi membuang sampah tepat kedalam plastik penampungnya, ada juga yang asal-asalan sampai luber keluar pastiknya bahkan tumpah ke lantai. Akibatnya tempat sampah jadi kotor (sampah kan emang kotor yaa..), bekas-bekas makanan menempel atau bahkan tergenang didasarnya. Kemungkinan si tempat sampah ini jadi sumber kehidupan makhluk-makhluk super kecil jadi tinggi sekali. Kalo udah gini, urusannya adalah bersihin si tempat sampah itu tiap sebentar.
Waktu mau beli tempat sampah, pilihannya adalah yang terbuka atau tertutup, yang dindingnya bolong-bolong atau yang solid.
Saya gak suka tempat sampah tertutup. Alasannya biasanya kan tutupnya ga bisa ditutupin plastik jadi kotoran bajalan ada di tutupnya. Kedua, kalau tutupnya macet, harus buka manual pake tangan. Nah, biasanya kalau lagi masak kan tangan dipake buat megang makanan, masak mau campur aduk megang kotoran juga. Ketiga, tempat sampah bertutup gak keliatan isinya udah penuh atau belum, udah layak buang atau belum, bahkan karena tertutup ada kecenderungan ditumpuk terus sampai melimpah ruah (atau ini cuman gua aja yaa..??). So, tempat sampah bertutup is out!
Selanjutnya, tempat sampah yang dindingnya bolong-bolong atau yang solid. Tempat sampah yang bolong-bolong biasanya lebih murah. Tapi untuk nyucinya agak-agak ngerepotin (abis bolong-bolong sih.. hehe). Kalo yang solid kan bisa direndam air sampai penuh, nyikatnya juga ga susah, dan kalau ada sampah yang lolos dari plastiknya masih akan tetep ketampung di dalam tempat sampah, jadi gak ngotorin lantai.
Maka, pilihan jatuh pada tempat sampah solid tanpa tutup. Tempat sampah ini dibeli di IKEA seharga $3.00. Agak mahal sih, tapi karena butuh, desainnya juga funky, dan bayarnya pake voucher hadiah, jadi yah cuek aja (hehe).
Alhamdulillah sampe sekarang tempat sampahnya masih bersih. Di dasarnya saya simpan selembar koran bekas yang diremas-remas. Tujuannya supaya kalau ternyata plastik sampahnya bocor, kotoran atau genangan cairannya akan terserap di koran itu, dan tidak menggenang di dasar tempat sampah. Setelah itu barulah si plastik sampah disarungkan di dalamnya.

Yah, itulah cerita tempat sampah. Gak penting banget ya... hehe. Tapi gpp, mudah-mudahan ada gunanya dan menginspirasi seseorang diluar sana.
Mungkin ada yang punya tips lain untuk memilih atau menjaga kebersihan tempat sampah?

0 comments: