Monday, August 29, 2005

Terapi Air

Buang air besar (alias pup) tidak teratur bukan masalah baru buat saya. Normalnya dan sebaiknya (katanya...) setiap orang buang air besar sekali setiap harinya. Saya? Kalau beruntung, yah, dalam dua hari ada laah sekali.
Akibatnya.. sering tiba-tiba pusing, atau sakit pinggang bagian belakang, atau jerawatan! Well, saya gak tau sih apa penyebab semua itu memang dari pup yang nggak teratur, tapi saya (agak) yakin pasti si susah pup itu punya andil juga.

So, saya cari solusi paling gampang dulu. Memperbanyak minum.

Setelah mendapat desakan dari berbagai pihak (baca: suami), akhirnya dimulailah terapi air. Bermula dengan memasang reminder di hp setiap 2 jam sekali, yang isinya: 'Minum #1' s.d. 'Minum #8', mulai jam 9 pagi sampai jam 11 malem. Setiap sekali minum sekitar 250ml air atau lebih. Delapan kali berarti minimal 2lt sehari.

Awal-awal terapi air ini, uugh.. mualnya minta ampun deh setiap minum segelas besar langsung habis. Nggak cuman itu, saya malah jadi bersahabat sama yang namanya toilet. Tapi baru berjalan seminggu nih, tiap sebentar justru bawaannya hauuuss melulu. Dan, nampaknya mulai agak gampang pup.

Lalu ternyata, saya baru tahu bahwa jumlah asupan air minum yang dianjurkan dalam sehari adalah sekitar 2.2lt (wanita) dan 3lt (pria). Well, okay, tinggal nambah sedikit lagi kan? Gpp lah, demi kesehatan.

0 comments: