Wednesday, April 7, 2004

Morality, everyone?

Sebulan yang lalu gua baca novel 'Jomblo' karangan Aditya Mulya (kalo gak salah), anak sipil ITB 96. Damn, that book is good! Atau itu bagusnya karena gua anak ITB juga jadi bisa memvisualisasikan dengan jelas setting ceritanya yang emang berlokasi di ITB (tapi disamarin jadi UNB, universitas negeri bandung :P )
Harusnya para orang tua baca novel2 remaja/mahasiswa kayak gitu supaya mereka at least dapet gambaran kayak apa sih kehidupan pergaulan anak jaman sekarang. Gua yakin para orang tua itu sebenarnya cukup aware dengan keadaan, tapi mereka seringkali akan berpikir: "ah, anak saya sih nggak gitu, kan. Saya percaya sama anak saya." Justru disitulah rentannya. Tapi yah mau gimana lagi, kan gak mungkin orang tua ngikutin terus anaknya kemana-mana. Dan gak mudah untuk gak percaya sama anak sendiri (ya gak sih?). Lagian, anak2 itu pasti kan sebel juga kalo gak dipercayain sama orang tuanya.

Dunia emang udah edan, Nilai moral udah bergeser jauuuhh banget hanya dalam gap 1(satu) generasi saja. Gak kebayang kayak apa jamannya anak2 gua nanti. Itu pun kalo dunia ini belum kiamat karena Tuhan keburu murka berat dengan kelakukan para manusia.

'Jomblo' cuman satu contoh ringan. Mau yang lebih gila? Baca 'Jakarta under cover- Sex 'n the city' karangan Moammar Emka. Gua belum baca total buku itu, baru beberapa bab awal aja, tapi udah cukup membuat gua istighfar tiap sebentar. You'll be amazed with how crazy this society has turned into. Itu di Indonesia loh! Negara yang katanya has the most moslem population in the world. Kayak apa di dunia barat sana ya?

Bukannya gua sok alim.. tapi gua gak pernah menyangka bahwa sudah segitu 'hebat'nya kebejatan masyarakat. Tinggal ngitung mundur menuju kiamat nih!

0 comments: