Wednesday, March 8, 2006

Hacks.. Hacks..

Gejala-gejala bosan dengan layout blog ini masih belum sembuh juga ternyata. Terbukti akhirnya walaupun sedikit, tetap ada perubahan di blog ini. Menu 'My Room' yang biasanya ada di pojok kanan atas saya hilangkan dan isinya pindah ke sidebar. Jadi sekarang kembali ke layout awal: centered.

Ternyata masih belum puas dengan perubahan ini itu. Secara tidak sengaja saya menemukan Author comment highlighting hack, suatu cara untuk membuat komentar pemilik blog berbeda tampilan dengan komentar pengunjung. Caranya bisa dilihat di blog Adhitya Mukherjee. Tapi syaratnya format komentar di blog harus diubah menjadi inline comment. Caranya bisa dilihat di blogger help dengan topik Peek A Boo Comments.

Nah, mulailah jiwa penasaran saya menggerogoti diri dan waktu. Pertama tentunya mencoba hack Peek a Boo Comments. Dasar saya memang tidak tahu apa-apa soal javascript dan dikombinasikan dengan pengetahuan minim tentang html, saya menghabiskan waktu dua hari mencoba mengimplementasikan hack ini sebelum akhirnya berhasil. Or at least that's what i thought. Padahal sebenarnya masih belum berhasil. Peek a boo comment saya hanya berhasil untuk Main Page, tapi gagal untuk item page.

Sebelum saya menyadari peek a boo comment saya sebenarnya gagal, saya langsung coba hack untuk author comment highlighting. Tentunya masih pakai javascript, dan tentunya juga gagal lagi (lha wong peek a boo-nya juga gagal). Dan akhirnya setelah dua hari saya menyerah. Layout blog pun kembali ke selera asal.

Kemarin saya menemukan hack membuat kategori untuk blogger. Sebenarnya sekarang ini juga sudah penasaran untuk mencoba, tapi nampaknya perlu pemahaman tingkat tinggi, jadi ya ditahan dulu saja.

Kayaknya ngutak-atik code untuk template lebih menarik bagi saya ketimbang menulis untuk mengisi blog ini. *sigh*

0 comments: