Tuesday, February 28, 2006

Nomor Darurat

Tadi malam, entah sedang nonton acara tivi apa, tiba-tiba suami saya nyeletuk.

"Nomor darurat Indonesia berapa, sih?"

Image hosting by PhotobucketSaat itu saya sadar, saya tidak tahu nomor darurat Indonesia (dan ternyata suami saya juga tidak tahu)! Nomor darurat Amerika semua orang tahu, 911; nomor darurat Korea Selatan saya juga tahu, 119 (karena saya pernah tinggal disana); nomor darurat Singapura juga tahu, 999 (karena disinilah saat ini saya tinggal). Nomor darurat Indonesia berapa??? Saya tidak tahu.
Gila, ya? Nomor darurat di negara sendiri saya tidak tahu. Tapi tunggu dulu, memangnya ada ya nomor darurat di Indonesia? Kalau iya, apa itu berarti sosialisasi nomor ini yang sangat kurang, atau memang saya terlalu cuek untuk mencari tahu selama lebih dari 20 tahun saya tinggal di negri tercinta itu?

Biasanya, saya menyimpan nomor telepon penting di samping telepon di rumah saya, seperti nomor telepon kantor polisi terdekat, pemadam kebakaran terdekat, rumah sakit terdekat. Tapi itu semua nomor telepon standar sebanyak enam atau tujuh bahkan delapan angka, bukan nomor telepon yang mudah diingat untuk keadaan darurat. Masak sih Indonesia tidak punya nomor darurat? Ada yang tahu?

0 comments: