Monday, December 12, 2005

Tampilan Blog

Image hosted by Photobucket.comSebelum yang seperti sekarang ini, entah sudah berapa puluh kali saya gonta-ganti tampilan blog. Sulit sekali bagi saya untuk puas dengan tampilan blog. Entah kenapa. Tapi sekarang saya sudah cukup puas. Setidaknya saya sudah bisa bilang saya suka tampilan blog saya, dan kalaupun nanti ganti lagi, itu hanya karena saya sudah benar-benar bosan dengan tampilan yang ada.

Setelah tampilan ini jadi, saya baru menyadari bahwa saya suka tampilan yang sederhana, tidak terlalu banyak permainan warna, tidak banyak animasi, tapi tetap terlihat manis. Dan ternyata saya lebih suka dengan warna dasar putih diatas tulisan. Yah, beginilah jadinya.

Banyak yang bilang tampilan bukanlah apa-apa, yang penting isinya. Ya,ya,ya.. saya juga setuju. Seringkali saya menemukan diri saya menikmati tulisan dari blog orang lain tanpa saya perduli tampilannya seperti apa. Tapi ada juga sih yang blognya langsung saya tinggalkan karena tampilannya bikin saya pusing bacanya **maaf yaa.... Ternyata first impression tetap penting bagi saya. Contoh tampilan yang bikin saya ilfil untuk membaca isinya misalnya begini; isi posting ditampilkan dalam sebuah layout yang lebarnya... sangat lebar. Jadi, dalam satu baris bisa terdapat banyak sekali kata, mungkin lebih dari limabelas kata. Pokoknya panjang sekali sehingga tidak cukup hanya mata saya yang bergerak dari kiri ke kanan membaca tulisan itu, tapi leher saya juga harus bolak balik bergerak kiri kanan. Tidak hanya itu, kadang untuk membaca tulisannya dengan lengkap saya harus menggeser scroll-bar kiri-kanan. Ini butuh usaha ekstra karena mouse tidak punya left-right scrolling wheel, hanya ada up-down scrolling wheel. Well, mungkin saya saja yang terlalu pemalas. Tapi, ini menyangkut kenyamanan dalam membaca.

So, saya selalu mencoba membuat tampilan blog saya simple dan memberikan kenyamanan untuk pembacanya, sekaligus memenuhi standar kepuasan saya.

0 comments: