Saturday, December 31, 2005

Bekerja dengan musik

Image hosted by Photobucket.comMaksudnya bukan melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan musik. Yang saya maksud disini adalah bekerja sambil diiringi musik.

Siapa yang punya kebiasaan ini?

Saya termasuk orang yang punya kebiasaan ini. Entah kenapa musik bisa membantu saya 'menemukan' ritme kerja. Dan herannya lagi, saya bisa mengatur mood kerja saya sesuai dengan jenis musik yang saya dengarkan. Misalnya begini. Kalau saya ingin kerja dengan ritme cepat ,biasanya terjadi kalau deadline sudah dekat, saya akan putar lagu-lagu dengan beat kencang bertempo tinggi, yang agak-agak disko gitu, atau sekalian saya pasang musik rock (tapi nggak heavy metal yah... malah pusing!). Kalau saya lagi ingin santai dengan kerjaan saya akan pasang lagu-lagu pop easy listening atau slow rock yang cenderung bertempo lambat.

Dulu, waktu jamannya masih nge-lab seharian, mengerjakan tugas kuliah, kerjaan proyek, dan bahkan thesis, hal ini sering terjadi. Biasanya kalau harus kerja lembur demi mengejar deadline, daftar lagu di MP3 player saya isinya seputar Metallica, Linkin Park, Creed, Papa Roach, System of A Down, dll. Atau lagu-lagu pop diskonya Britney Spears, Destiny's Child, Mariah Carey, Justin Timberlake, dan teman-temannya yang lain. **Wahahaha... kok bertolak belakang banget sama grup lagu-lagu rock tadi**

Eniwei... saya memang penggemar lagu. Hampir segala jenis musik saya suka, termasuk dangdut. Musik bisa membantu saya lebih konsentrasi sama pekerjaan. Heran kan? Atau nggak heran? Apa ini hal yang udah umum? Yang jelas suami saya gak begitu. Dia malah gak bisa kerja kalau ada suara-suara bising. Waktu kecil dulu saya juga selalu ditegur orang tua saya kalau belajar sambil pasang musik. "Belajar kok dengerin musik?", gitu kata beliau. Sekarang saat kerja saya selalu pasang musik pakai earphone dengan volume yang cukup tinggi.

**Aduh, barusan kena timpuk bantal sama suami, gara-gara dipanggil gak denger...**

Saat ini pun saya sedang mengejar deadline kerjaan saya, tentunya dengan daftar lagu-lagu tempo tinggi di MP3 player.

Backsound:

Everything you say to me
Takes me one step closer to the edge
And I'm about to break
I need a little room to breathe
Cause I'm one step closer to the edge
I'm about to break


One Step Closer by Linkin Park

Lagi kejar deadline kok malah nge-blog?!

0 comments: