Monday, October 10, 2005

"Are you sure you'll be OK?"

Alhamdulillah, puasa Ramadhan ini sudah memasuki hari ke enam. Insya Allah semuanya lancar.
Jadi inget waktu gua puasa di Seoul, Korsel, dulu. Islam jelas bukan agama mayoritas disana. Jadi pastinya orang-orang disana nggak familiar dengan ritual ibadah orang Islam. Sama halnya dengan teman-teman gua. Pertama, tentang shalat. Mereka terheran-heran liat gua shalat di lab. Dengan jam kerja gua yang biasanya start jam 10 pagi dan baru pulang jam 10 malem, praktis gua harus melakukan minimal 3 waktu shalat di lab, dhuhur, ashar, dan maghrib. Kadang-kadang isya dan shubuh kalau sampai kejadian harus nginep di lab.

"So, you have to do it FIVE times a day?"

Yap, mereka heran kenapa berdoa (pray) aja harus sampai 5 kali sehari.

"What? The first is before the sunrise? So, in summer you do it at about 3AM?"

Hehe, bagi temen-temen gua, bangun pagi itu tabu. Makanya baru mulai ngelab jam 10 kan? Padahal sih jam kerjanya mulai jam 9.. hehehe. Jadinya gua ikut-ikutan deh.

Bulan Ramadhan....

"So, you dont eat and drink during the day? And it's going on for a month? Are you sure you'll be OK? Aren't you going to die?"

Hahaha...segitu khawatirnya teman-teman gua, gua bakalan mati karena puasa bulan ramadhan. Tapi itu kan karena mereka care sama gua ya, plus mereka gak ngerti apa-apa soal puasanya orang Islam. Even my professor said something like this:

"Can't you do the fasting at night, so you wont be so tired and just sleep the whole night. You need to work during the day, and you must be really tired."

No, Prof, I can't switch the time like that. But I'll be fine.

Tapi teman-teman gua semua sangat toleran. Mereka jarang makan didepan gua kalo gua lagi puasa. Atau kalaupun mereka mau makan di lab, mereka pasti permisi dulu sama gua. Malah kalau udah deket-deket waktunya buka puasa, mereka yang sering ngingetin. Dan mereka sadar, kalau puasa pas winter waktunya lebih pendek.

"You're lucky that you're fasting in winter like this. The day is shorter than that in the summer, right?"

Betul! Kalau saat gua tinggal di Seoul itu bulan Ramadhannya jatuh sekitar summer... waduh..panjang yak! Untungnya waktu itu winter, bener-bener in the middle of winter. Kalo gak salah, waktu itu shubuhnya sekitar jam 6-an, dan maghribnya jam 5-an.

Aah..jadi kangen Seoul, kangen winternya, kangen autumnnya. Kangen teman-teman gua disana, para oppa-oppa gua tersayang. (oppa artinya abang, jika dipanggil oleh adik perempuan). Apa kabar mereka ya?

Image hosted by Photobucket.com

0 comments: