Monday, November 21, 2005

Berita sedih

Lagi sedih...
Toby-ku sakit... kencing batu. Udah parah kayaknya. Tapi mudah-mudahan bisa sembuh. baru ketahuan hari sabtu malem yang lalu. Kata adik saya, dia diem aja, gak mau makan, gak mau minum, dan kalau disentuh dikit dia menjerit kayak kesakitan. Bagian perut bawahnya keras. Mau dibawa ke dokter, udah ga ada yang buka malam-malam begitu. Udah jam 9 malam lebih. Dokter langganannya lagi ga bisa dihubungin, begitu juga asistennya. Cari telepon dokter hewan di buku telepon, gak ada yang diangkat. Menurut buku ensiklopedi kucing ada dua kemungkinan untuk gejala itu; salah makan atau penyakit yang namanya feline panleuko... apalah, saya lupa namanya. Dan emang harus segera dibawa ke dokter. Beruntung pet shop langganan kita mau nolong, dia mau nyuruh dokternya datang besok, hari minggu, dan buat appointment dengan kita. Ternyata diagnosanya, kencing batu, dan udah parah, kantung kemihnya udah membesar begitu. Katanya harus dikateter atau dioperasi segera. Dia bantuin ngehubungin dokter hewan lainnya yang punya alat kateternya, atau yang bisa operasi Toby sore itu juga. Tapi, ternyata hampir semua dokter hewan lagi pada menghadiri undangan mantu sang dokter langganan Toby. Jadi biasnya ya baru sore-sore banget katanya. Huhuhuhu... Tobyku gimana dong?!

Akhirnya Toby nginep disana, diopname, dirawat sama dokternya. Menjelang sore dokternya telepon, katanya kondisi Toby udah mendingan. Setelah dipalpasi dia udah pipis dan emang berdarah. Tapi tetap harus cepet dikateter. Dan paling cepat itu adalah hari senin sore ini, jam 3 sore, begitu dokternya buka.

Kejadiannya mendadak banget. Gak kelihatan tanda-tanda si Toby kesakitan sebelumnya. Dia masih bisa main-main, lari-lari kesana kemari, loncat-loncatan. Makannya masih lahap, minum juga masih lancar. Malah hari Jumat malam dia masih ngasih 'hadiah' dengan pup sembarangan lagi. Jadi emang gak ada yang menduga. Kenapa juga Toby bisa kencing batu, makanannya udah diganti dengan yang direkomendasikan dokter untuk menghindari kencing batu, dan minumnya gak pernah minum air ledeng ataupun air mentah. Dia maunya cuman minum air bersih yang pake filter itu loh.. sama dengan yang biasa kami sekeluarga minum. Duh.. ada-ada aja... :(

Mohon doanya ya.. mudah-mudahan Toby bisa cepet sembuh.

0 comments: