Wednesday, November 16, 2005

Lebaran Bandung - episode Taksi Bluebird

Bandung sekarang punya taksi Bluebird lho. Sayang saya gak punya fotonya. Menurut berita taksi ini beroperasi di Bandung mulai 7 November 2005. Hadirnya si taksi burung biru itu di Bandung tentunya disambut baik orang banyak. Saya juga ikut senang, tuh. Padahal saya tidak pernah jadi pelanggan taksi reguler. Dari beberapa orang yang ngobrol dengan saya tentang hal ini, semuanya senang ada bluebird di bandung, dengan alasan kenyamanan, pelayanan, keamanan, dan yang utama pake argo! Sementara mayoritas taksi yang sudah ada di Bandung gak ada yang pake argo, dan pelayanannya kurang memuaskan. Terakhir ada berita kalo taksi bluebird didemo di bandung. Malah ada unit yang dipukulin dan ditendangin, hanya karena dia lewat di dekat daerah demonya supir taksi lain. Miris! Dengan alasan hidup yang semakin susah, kejar setoran tambah susah dengan adanya saingan taksi lain, mereka menuntut izin operasi bluebird di Bandung di cabut. Heran saya ! Memang, hidup itu susah... susaaaahh banget. Lha wong keluarga gua juga ngerasain susahnya hidup sekarang kok. Tapi harusnya caranya buka gitu kan? Jelas-jelas tingkat kelas pelayanannya udah beda antara taksi yang udah ada di bandung dengan taksi bluebird. Seharusnya gak susah kan buat para taksi lain itu naikkin standar pelayanan mereka? Bahkan menurut saya boleh dibilang nyaris tanpa biaya. Tinggal mengaktifkan argometer yang memang sudah ada di taksinya, trus tambah ramah sama pelanggan, pasang papan nama berisi identitas supir di mobilnya yang saya yakin juga udah ada tapi selalu kosong, dan memastikan keamanan pelanggan yang menggunakan taksinya. Gitu aja kan? Atau lebih rumit dari itu? Kok malah repot-repot demo dan kehilangan pemasukan hari itu? Memangnya mereka pikir supir taksi bluebird itu gak usaha ya? Mereka juga ngerasain susahnya hidup kan? Mereka juga punya keluarga yang harus dinafkahi **Loh kok saya jadi ngomel2 gini...** Bukan, saya bukan pro bluebird, toh saya bukan pengguna taksi reguler. Kenyamanan angkot di bandung masih dalam taraf yang bisa saya toleransi, jadi saya masih milih angkot. Tapi saya pro perbaikan..! **sssaahhh**

Kenapa sesuatu yang baik bagi orang banyak justru ditentang?

Bagaimana kalo orang-orang luar kota yang datang ke Bandung disuruh naik taksi aja kalo mau jalan-jalan di Bandung? Mobilnya ditinggal di tempat mereka menginap saja. Kalau pelayanan taksi yang ada memang memuaskan, saya mungkin akan mempertimbangkan hal ini seandainya saya jadi pelancong FO ^_^

0 comments: