Wednesday, November 23, 2005

Secara

Image hosted by Photobucket.comSekarang banyak yang pakai kata 'secara' ya? Sejak kapankah sebenarnya si kata secara ini jadi populer? Perasaan dulu sebelum saya pindah ke singapur, yaitu sebelum bulan Juni 2005, kata ini dan penggunaannya belum sepopuler sekarang. Atau saya yang kurang ap-tu-det saat itu? Dan sekarang saya juga udah mulai sering pakai si 'secara' ini dalam tulisan saya.
Saya tahu dari baca-baca blog teman-teman. Awalnya sempat bingung juga, ini maksudnya apa sih? Kenapa ada kata 'secara' di banyak kalimat yang saya baca? Tapi lama-lama saya ngerti juga kapan dan bagaimana pemakaian si 'secara' nan ajaib ini.
Apakah penggunaan 'secara' seperti ini dapat dibenarkan menurut bahasa Indonesia EYD? Wah, saya gak tahu juga, lha wong saya bukan orang yang terlalu mengerti kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tapi yang jelas, saat SD dulu saya tidak pernah diajarkan penggunaan kata 'secara' kayak yang populer sekarang. Perlu bantuan Polisi EYD nih! ^_^

Jadi sebenarnya sejak kapan sih populernya? Ada film yang bikin populer kah? Ada novel yang bikin populer kah? Atau, it just came out of nowhere?

0 comments: